Apa yang membuat rencana lantai yang bagus?


Seorang klien baru-baru ini bertanya kepada saya - Apa yang membuat rencana besar? Apakah ada hal semacam itu? Saya menjawab, “Rumah yang dirancang dengan indah dimulai dengan denah yang dirancang dengan indah.” Tetapi apa faktor-faktor yang berkontribusi pada denah lantai yang besar? Dapatkah Anda merenovasi rumah yang sudah ada untuk memiliki denah lantai yang bagus? Atau apakah denah besar hanya untuk bangunan baru?

Kenyataannya ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan dan dipahami saat membuat denah lantai yang sempurna. Dan denah lantai sempurna yang sesuai dengan gaya hidup Anda mungkin berbeda dari apa yang cocok untuk orang lain.

Pelatihan dan faktor pengalaman sangat memengaruhi kemampuan profesional Anda untuk membuat denah lantai yang sempurna. Jasa arsitek adalah para profesional berkualitas yang memiliki banyak pengalaman menciptakan denah lantai fungsional untuk semua jenis struktur bangunan baik itu untuk rumah baru, renovasi atau proyek komersial. Desain bakat ditambahkan ke dalam campuran kemudian mengubah fungsi menjadi fantastis!

Jadi mari kita lihat beberapa hal yang membuat rencana denah yang sempurna ...

Faktor eksternal
Banyak orang berpikir tentang rencana lantai dalam hal bagaimana internal rumah direncanakan. Kenyataannya adalah, bahwa internal Anda akan (atau setidaknya harus) direncanakan di sekitar faktor eksternal, elemen seperti:

Ventilasi
Angin dapat datang dari segala arah; akan tetapi, setiap bagian dari Jakarta, atau wilayah mana pun, akan memiliki angin yang kuat. Arah angin dalam kaitannya dengan blok lahan tertentu Anda adalah penting jika rumah Anda untuk memanfaatkan sepenuhnya pendinginan alami. Merencanakan ventilasi aliran silang dapat secara dramatis mengurangi biaya operasional Anda dan menjaga rumah Anda tetap nyaman di dalam. Dengan memahami cara kerja ventilasi alami, mungkin untuk mendesain rumah sehingga ruangan yang paling membutuhkan pendinginan dapat memanfaatkan sepenuhnya apa yang menjadikan pengalaman blok Anda nyaman.

Sinar matahari
Sinar matahari berdampak pada denah lantai Anda dalam dua cara. Pertama dalam hal memanfaatkan pencahayaan alami dan mengurangi konsumsi daya Anda. Kedua dalam hal perlindungan dari silau dan panas.

Kebanyakan orang akan setuju bahwa pencahayaan alami jauh lebih baik daripada pencahayaan elektronik. Jadi, pahami dulu arah bahwa cahaya akan datang dari berbagai waktu pada siang hari dan waktu yang berbeda dalam setahun adalah penting. Tetapi Anda juga perlu memahami cara membuat denah lantai yang benar-benar memanfaatkan pencahayaan alami di ruangan dan ruang yang paling membutuhkannya.

Mengingat iklim sub-tropis yang kita tinggali, dan suhu tinggi yang kadang-kadang dapat kita alami, penting juga untuk memahami cara membuat denah lantai yang mengurangi silau dan pemanasan yang berlebihan. Ruang tamu luar sangat populer di Queensland, namun, ini harus direncanakan dengan hati-hati untuk memastikan bahwa mereka tetap nyaman selama bulan-bulan panas. Dan itu bukan hanya ruang luar yang perlu dipertimbangkan. Sinar matahari langsung pada dinding bata dapat mengubah rata-rata rumah menjadi oven. Perencanaan dan keterampilan desain yang hati-hati dapat membantu menghindari masalah ini.

Vistas
Beberapa rumah diberkati dengan semua pemandangan yang menakjubkan, tetapi kebanyakan rumah tidak dan akan sering memiliki satu pandangan yang disukai. Karena itu penting untuk mempertimbangkan hal ini saat merancang denah Anda. Kamar mana yang ingin Anda manfaatkan dari tampilan ini? Pandangan mana yang kurang diinginkan? Pemandangan yang kurang diinginkan mungkin menjadi tempat yang baik untuk menempatkan binatu, kamar mandi, toilet atau kamar cadangan, di mana pandangan kurang penting. Sebaliknya, ruang keluarga, dapur, area hiburan luar ruangan atau bahkan kamar tidur utama adalah area yang lebih cocok untuk memanfaatkan pemandangan yang diinginkan.

Kebisingan
Suara eksternal bukan merupakan faktor untuk setiap rumah, tetapi bagi sebagian orang, ini merupakan pertimbangan penting. Jalan-jalan yang sibuk, sekolah-sekolah di dekatnya, toko-toko atau lapangan olahraga semuanya dapat berdampak pada kenyamanan akustik sebuah rumah. Untuk rumah yang dekat dengan sumber kebisingan, denah lantai yang efektif harus fokus pada menghilangkan atau mengurangi gangguan kebisingan.

Koneksi
Tentu saja, ruang-ruang eksternal di sekitar rumah seharusnya tidak dipertimbangkan secara terpisah. Perlu ada hubungan yang kuat dengan ruang internal rumah jika rumah merasa seimbang dan lengkap. Denah lantai yang dirancang dengan baik akan membuat sambungan ini dalam cara yang paling sesuai dan mudah digunakan.

Faktor internal
Setelah faktor eksternal dipertimbangkan, kami kemudian dapat merencanakan tata letak internal rumah. Pertimbangan potensial di sini cukup panjang, jadi kami akan menyentuh dasar-dasarnya.

Kebutuhan kamar
Pertimbangan pertama yang jelas adalah kamar apa yang diperlukan? Berapa kamar tidur yang dibutuhkan? Akankah rumah memiliki lebih dari satu ruang keluarga? Apakah itu membutuhkan kantor rumah, bioskop rumah, ruang makan formal? Ini hanyalah beberapa dari banyak pertanyaan yang perlu dijawab sebelum rencana lantai bahkan dapat mulai dibuat sketsa.

Penggunaan kamar
Mengikuti dari jumlah kamar yang diperlukan adalah pemahaman rinci tentang bagaimana setiap ruangan akan digunakan. Sebagai contoh desain dapat meminta kamar tambahan, namun, pemilik rumah dapat membayangkan menggunakan ruang ini sebagai ruang menjahit atau kantor rumah paruh waktu. Ruang makan juga bisa berfungsi sebagai ruang bagi anak-anak untuk mengerjakan pekerjaan rumah mereka. Penggunaan yang dimaksudkan sebenarnya dari masing-masing kamar harus dipertimbangkan jika denah lantai adalah untuk mencapai potensi penuhnya.

Zonasi
Setelah Anda memahami jumlah, jenis, dan tujuan setiap kamar, Anda sekarang perlu mempertimbangkan zona di dalam rumah itu sendiri. Ini sangat penting dan sayangnya daerah di mana banyak rumah jatuh. Dalam zonasi bentuknya yang paling sederhana, pertimbangkan hal-hal seperti menjauhkan daerah-daerah yang jauh dari daerah-daerah sepi atau menyatukan kamar-kamar bersama. Tapi di luar itu, zonasi turun untuk memahami hubungan antara ruang yang berbeda satu sama lain dan bagaimana penghuni rumah akan berpindah dari satu ruang ke ruang berikutnya. Seni memadukan dan melengkapi zona seringkali cukup rumit dan sangat penting ketika merenovasi properti yang ada.

Akustik
Akustik benar-benar merupakan bagian dari zonasi, tetapi perlu diperhatikan secara terpisah karena memainkan peran yang sangat penting dalam kestabilan rumah apa pun. Semua rumah memiliki area yang sering bising - ruang keluarga dengan orang-orang berbicara, televisi bermain, perangkat operasi dll - dan area yang dirancang untuk menjadi tenang untuk percakapan santai, tenang atau tidur. Zonasi daerah-daerah ini sedemikian rupa sehingga mereka tetap terpisah adalah penting, tetapi tidak selalu seluruh jawaban. Denah lantai yang dirancang dengan baik mungkin juga mempertimbangkan hambatan peredam suara seperti penempatan dinding atau layar untuk mengurangi kebisingan yang tidak diinginkan di area lain di rumah.

Mengakses
Tidak ada yang akan menghancurkan kenikmatan rumah lebih cepat daripada denah lantai yang membuat pergerakan di dalam rumah lebih sulit daripada yang seharusnya. Akses dari satu ruang ke ruang lain perlu direncanakan, seperti halnya akses ke area luar rumah Anda.
  
Fungsi dan Estetika
Bentuk bangunan harus merupakan sintesis fungsionalisme dan pengaruh gaya. Saat kami yang merupakan jasa arsitek murah selalu mendesain, fokus kami adalah pada siapa yang akan tinggal atau bekerja di luar angkasa. Apa ciri-ciri pribadi mereka yang akan menggunakan ruang tersebut? Apa sajakah yang diperlukan agar kawasan tersebut merupakan zona yang menyenangkan dan berfungsi? Mempertimbangkan pengaruh ini kita dapat menjelajahi konsep denah lantai yang berbeda melalui fase desain sketsa kami.

Saat mengembangkan denah lantai, pikiran bergerak menuju material dan penyelesaian yang akan melengkapi rumah. Kami mempertimbangkan opsi ini dalam konteks kerangka desain keseluruhan untuk memastikan setiap komponen denah lantai memberikan solusi dan konteks yang dapat ditinggali bagi pemilik rumah.

Setiap garis memiliki makna tiga dimensi, sehingga mampu menafsirkan denah dan zona menjadi representasi 3D memastikan aliran desain dan fungsional.

Banyak rumah menderita karena denah lantai adalah satu-satunya pertimbangan. Keseimbangan dan proporsi yang baik berasal dari pemikiran tiga dimensi dalam proses desain. Jadi bentuk dapat mengikuti fungsi bersama dengan daya tarik estetika, yang penting bagi Anda merasa nyaman di ruang angkasa.
  
Rencana lantai besar
Baik merenovasi rumah yang sudah ada atau ingin membangun rumah idaman Anda, denah lantai yang bagus akan memastikan kenikmatan rumah Anda akan bertahan selama bertahun-tahun yang akan datang.

Sejujurnya, siapa pun dapat membuat denah lantai. Anda bahkan bisa online dan menemukan program yang memungkinkan Anda mendesain sendiri. Tapi rencana lantai yang benar-benar hebat membutuhkan masukan dari para profesional. Jika Anda ingin merenovasi atau meninjau denah bangunan pembangun, pastikan Anda menyimpan hal-hal ini dalam pikiran.

Komentar